WordPress Vs Joomla

WordPress Vs Joomla

Baik Joomla! maupun WordPress adalah Sistem Manajemen Konten (CMS) canggih yang memungkinkan Anda membuat hampir semua tipe website yang Anda inginkan. Pertanyaannya sekarang adalah: Apa yang membuat kedua CMS ini berbeda satu sama lain, dan mengapa Anda harus memilih salah satunya?

Di artikel ini, kita akan membahas perbandingan terhadap Joomla vs WordPress dari segi fitur, kemudahan penggunaan, biaya, dan lain-lain.

  • Pengenalan Joomla
blank

Joomla! adalah CMS terpopuler kedua setelah WordPress, tetapi bukan berarti Joomla! kalah saing dari WordPress. Kenyataannya, di Joomla! Anda bisa melakukan apa pun seperti yang bisa dilakukan di WordPress.

Sebenarnya, menginstall platform Joomla! sangatlah mudah karena kebanyakan penyedia hosting akan menuntun Anda untuk memilih opsi penginstallan 1-click. Segera setelah Joomla! di-setup, Anda akan melihat dashboard yang menampilkan berbagai opsi. Jika Anda belum pernah menggunakan Joomla!, opsi yang begitu banyak mungkin akan terlihat memusingkan. Namun, berdasarkan pengalaman kami, tidak ada kesulitan terhadap apa pun yang ingin Anda cari meskipun Anda masih baru dalam sistem Joomla!.

Joomla! memiliki dua keunggulan yang berbeda dari semua CMS, yaitu ketika membuat website multi-bahasa dan platform jaringan sosial. CMS Joomla memuat banyak opsi yang membantu Anda membuat apa pun jenis situs dengan mudah.

  • Fitur Unggulan Joomla
  1. Buat dan atur apa pun konten yang Anda inginkan menggunakan robust visual dan code editor.
  2. Atur konten dan user Anda dengan memanfaatkan kemudahan yang ada pada dashboard.
  3. Tambah fungsionalitas website Anda dengan ekstensi.
  4. Modifikasi situs Anda menggunakan template.
  5. Menggunakan fitur Optimisasi Mesin Pencari (SEO) untuk meningkatkan rating halaman web Anda.
  • Pengenalan WordPress
blank

Jika menyinggung soal jumlah pengguna, maka WordPress adalah rajanya CMS. Saat ini platform ini menguasi hampir 30% website yang ada, yang mana ini menjadi keunggulan tersendiri. Selain itu, tidak susah bagi Anda untuk menginstall platform ini secara manual dan – sama seperti Joomla! – sebagian besar web host menawarkan opsi setup one-click yang dedicated agar Anda dapat menghemat waktu.

WordPress pun menyertakan konten yang berkualitas dan fitur manajemen media. Anda dapat mengatur tag dan kategori ketika ingin mem-publish konten. Selain itu, Anda dapat pula mengedit post dan halaman menggunakan visual editor. Sama seperti Jomla!, Anda juga memiliki akses ke code editor. Baik platform editor Joomla! maupun WordPress, sama-sama merupakan fitur yang canggih. Anda dapat mengatur fungsionalitas kedua platform tersebut guna menyesuaikan kebutuhan Anda.

Jika Anda hendak membuat website yang lebih kompleks dan rumit, fitur WordPress dapat dikembangkan menggunakan plugin. Popularitas platform mengindikasikan bahwa Anda memiliki ribuan opsi yang tersedia. Namun, apabila Anda telah berpengalaman dalam pengembangan web, maka kami sarankan untuk menggunakan Joomla! karena mudah dikelola.

  • Fitur Unggulan WordPress
  1. Buat dan kelola berbagai tipe konten menggunakan visual dan code editor yang telah terinstall di dalamnya.
  2. Gunakan ribuan plugin dan tema untuk mengelola dan mengembangkan situs Anda.
  3. Menawarkan fungsi platform blogging yang canggih dan menakjubkan.
  4. Kelola website Anda dengan dashboard yang menarik.
  5. Buat website sederhana dengan mudah.
  • Biaya Joomla Vs WordPress

Perlu Anda ketahui bahwa baik Joomla! maupun WordPress adalah platform open-source. Keduanya dapat digunakan secara gratis, tetapi Anda diharuskan membayar hosting agar website Anda tersebut bisa online.

blank

Dengan adanya hosting murah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk memulai membuat website. Namun, di satu sisi, pastinya Anda ingin mengupgrade paket hosting, yang berarti Anda harus membayar lebih secara bulanan. Tentu biaya hosting berbeda-beda tergantung pada penyedia hosting Anda.

Secara keseluruhan, tidak ada CMS yang lebih mahal dibanding CMS lainnya – kemungkinan besar investasi Anda bergantung pada penyedia hosting dan add-ons yang Anda pilih.

Share on Facebook Share on twitter
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

Hubungi Kami