5 Tips Keamanan Untuk Website Kamu

5 Tips Keamanan Untuk Website Kamu

Ketika memiliki website sendiri, tentu di dalamnya terisi berbagai informasi dan file-file penting yang sudah kamu dapatkan dan kumpulkan selama ini. Selain informasi serta file penting, kamu tentunya tidak membangun website dengan mudah. Ide dan biaya banyak dikeluarkan untuk membangun website kamu sekarang.

Nah disi kami akan memberikan tips apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga website kita tetap aman.

  • Install Plugin Keamanan
blank

Website baru tanpa plugin keamanan itu sama saja dengan rumah tanpa tembok; siapapun bisa masuk dan melakukan hal sesuka hati mereka. Jadi, plugin keamanan ini adalah langkah pertama yang wajib bagi website baru. Berikut beberapa rekomendasi plugin keamanan website yang bisa Anda coba:

  1. iThemes Security : tersedia versi gratis dan berbayar. iThemes Security mampu mendeteksi plugin berbahaya, software yang usang, dan password yang lemah.
  2. SecuPress Free : walaupun gratis, tapi berkualitas tinggi. SecuPress mempunyai fitur seperti Anti Brute Force Login, blokir IP, malware scan, dan lain segudang fitur lainnya.
  3. Wordfence Security : sudah digunakan oleh lebih dari dua juta pengguna. Wordfence Security menawarkan firewall, real-time monitoring, scan plugin, dan masih banyak lainnya.
  • Install SSL
blank

SSL adalah komponen yang tak terpisahkan dari website di zaman sekarang. SSL membuat pertukaran data antara website Anda dengan pengunjung menjadi aman, Misalnya, saat pengunjung memasukkan nomor kartu kredit mereka, SSL akan mengenkripsi data tersebut sehingga hacker tak akan bisa membacanya. Karena hacker tersebut tak memiliki “kunci” untuk membuka gembok enkripsi data itu.

  • Update Website
blank

Biasanya ketika sudah memiliki website, apalagi website perusahaan yang menampilkan profil, fitur, kelebihan dan info-info lainnya, terkadang tidak di-update secara berkala alias didiamkan saja tanpa menambahkan hal baru. Sayangnya dengan kamu melakukan hal itu, keamanan website kamu pun akan tidak terjamin, Dengan hal itu, kamu sebaiknya terus update website kamu karena sistem CMS yang kamu pakai biasanya akan memberikan update terbaru dalam beberapa waktu tertentu sehingga keamanan website kamu juga akan diperkuat. Terus cek website milik kamu.

  • Username Dan Password Yang Kuat
blank
Login screen interface, Username and password in Internet browser for web design, vector illustration

Hacker mendapatkan informasi login Anda dengan serangan yang disebut dengan brute force attack. Walaupun terdengar menakutkan, tapi ada satu cara simpel untuk mencegahnya, yakni dengan menggunakan username dan password yang kuat, Untuk username dan password sebaiknya gunakan kombinasi se-variatif mungkin sehingga keamanan website lebih terjamin. Kombinasikan huruf kapital, huruf kecil, angka hingga tanda baca. Cara ini penting dilakukan agar password kamu tidak mudah ditebak oleh pihak lain yang berniat jahat.

  • Install Plugin Backup
blank

Plugin backup berguna untuk mengembalikan kondisi anda sebelum serangan hack terjadi. Dengan begini, website Anda tetap bisa berfungsi dengan normal sembari Anda memperbaiki celah keamanan website yang ada, Tapi kamu jangan melakukannya di server situs yang kamu pakai karena tetap saja mudah untuk diretas oleh pihak lain. Sebaiknya kamu melakukan backup di server yang lain sehingga sulit dilacak dan menjadi lebih aman.

Share on Facebook Share on twitter
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *

Hubungi Kami